Republik Texas

Republik Texas adalah sebuah negara di Amerika Utara yang terletak antara Amerika Serikat dan Meksiko yang ada antara 1836 hingga 1845. Negara ini terbentuk sebagai republik yang memisahkan diri dari Meksiko sebagai hasil dari Revolusi Texas. Republik ini mengklaim batas-batas yang mencakup wilayah yang meliputi seluruh daerah dari negara bagian AS Texassekarang, serta bagian-bagian dari negara bagian New Mexico, Oklahoma, Kansas, Colorado, dan Wyoming sekarang. Perbatasan sebelah timur dengan Amerika Serikat ditentukan olehPerjanjian Adams-Onís antara Amerika Serikat dan Spanyol, pada 1819. Perbatasannya di selatan dan paling barat dengan Meksiko dipertikaikan sepanjang keberadaan Republik ini, dengan Texas mengklaim bahwa perbatasannya adalah Rio Grande, sementara Meksiko mengklaim Sungai Nueces sebagai perbatasannya. Pertikaian ini belakangan menjadi pemicu bagi Perang Meksiko-Amerika, setelah Texas dianeksasi.

Sejarah
Pemerintahan sementara Texas pertama dibentuk di San Felipe de Austin pada 7 November1835. Dewan ini menyetujui sebuah deklarasi dukungan untuk konstitusi Meksiko 1824, dan mengangkat seorang gubernur dan para pejabat lainnya, namun tidak sampai mendeklarasikan kemerdekaan Texas. Deklarasi kemerdekaan pertama untuk Texas modern, oleh para pemukim Anglo-Texas dan orang-orang Tejanos setempat, ditandatangani di Goliad pada 20 Desember1835. Konvensi 1836 diselenggarakan di Washington-on-the-Brazos dengan Richard Ellissebagai pemimpinnya, dan Deklarasi Kemerdekaan Texas diberlakukan pada 2 Maret 1836, dan secara efektif menciptakan Republik Texas.

Empat hari kemudian, Pengepungan Alamo selama 13 hari berakhir ketika pasukan-pasukan Jenderal Meksiko Antonio López de Santa Anna mengalahkan sekitar 183 pasukan yang mempertahankan Alamo (angka ini dipertikaikan, karena sejumlah orang tampaknya telah dikeluarkan dari daftarnya). Menurut para ahli ada kemungkinan bahwa pasukan yang mempertahankan Alamo dari banyak negara bagian AS bersama-sama dengan mereka yang langsung keturunan Meksiko jumlahnya lebih dari 200 orang. Alamo berada di luar kota yang saat itu sepi sehingga praktis menjadi pusat kota San Antonio. Ingatlah Alamo! menjadi seruan peperangan dari Revolusi Texas Revolution yang paling diingat, tetapi kenyataannya ialah bahwa ini adalah bentuk singkat dari seruan yang sesungguhnya, yaitu "Ingatlah Alamo, IngatlahGoliad". Di Goliad, Santa Anna menyuruh Kolonel James Fannin dan 341 dari orang-orangnya — yang telah menyerah di Pertempuran Coleto — berbaris sepanjang satu mil dari kota dan kemudian dibantai.

One response to “Republik Texas

  1. Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada MBAH SELONG yang
    telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau saya
    sekarang udah hidup tenang karena orang tuaku udah buka usaha dan
    punya modal untuk buka bengkel skrang pun orang tuaku tidak di
    kejar-kejar hutang lagi…dan keluarga Kami di berikan Angka
    Ritual/Goib Dari mbah yg sangat Jitu 100%dijamin
    tembus…hingga keluarga kami sekarang merasa tenang
    lagi…terima kasih mbah…Jika Anda ada yg merasa kesulitan
    masalah Nomer ToGEL silahkan hbg Aja MBAH SELONG
    dinmr hp beliau (081-322-565-355) ATAU KLIK SITUS KAMI
    dan saya sudah membuktikan 3kali berturut2 tembus terimah kasih

Leave a Reply